Perlombaan Senjata Makin Edan, Korut Klaim Punya Rudal Baru Lagi

Perlombaan Senjata Makin Edan, Korut Klaim Punya Rudal Baru Lagi
Rudal hipersonik Hwasong-8 yang baru dikembangkan diuji coba di Toyang-ri, Ryongrim, Jagang, Korea Utara, dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada Rabu (29/9/2021) oleh Kantor Berita Korut KCNA. Foto: ANTARA/KCNA via Reuters/as

jpnn.com, PYONGYANG - Untuk kedua kalinya dalam pekan ini, Korea Utara (Korut) memamerkan keberhasilan mereka mengembangkan persenjataan baru. 

Kantor berita milik pemerintah Korut, KCNA mengabarkan bahwa Pyongyang telah melakukan uji coba rudal antipesawat terbaru pada Kamis (30/9).  

Uji coba dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan Korea Utara, lembaga pengembang senjata militer negara komunis tersebut.

Masih menurut laporan KCNA, uji coba bertujuan untuk memastikan bahwa peluncur rudal, radar, kendaraan komprehensif komando pertempuran dan kinerja tempur berfungsi dengan baik.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tampaknya tidak menghadiri uji coba itu. Pak Jong Chon, anggota politbiro dan Komite Sentral Partai Buruh merupakan pejabat yang mengawasi percobaan tersebut.

"Uji coba secara keseluruhan sangat penting secara praktis dalam mempelajari dan mengembangkan berbagai sistem rudal antipesawat prospektif," kata kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, yang mengutip pernyataan Akademi Ilmu Pertahanan.

Sebelumnya, KCNA pada Rabu (29/9) melaporkan bahwa Korea Utara menembakkan rudal hipersonik yang baru dikembangkan di lepas pantai timurnya pada Selasa (28/9).

Penembakan rudal itu terjadi setelah Korut mendesak Amerika Serikat dan Korsel untuk membuang standar ganda mereka tentang program senjata nuklir agar pembicaraan diplomatik dapat dimulai kembali.

Untuk kedua kalinya dalam pekan ini, Korea Utara (Korut) memamerkan keberhasilan mereka mengembangkan persenjataan baru.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News