Perlu Diketahui Warga Surabaya dan Sekitarnya

Perlu Diketahui Warga Surabaya dan Sekitarnya
WASPADA: Mendung dan awal tebal menggelayut di atas kota Surabaya, Senin (30/1). Februari diprediksi sebagai puncak musim hujan tahun ini di Surabaya. Foto: SATRIA NUGRAHA/RADAR SURABAYA

jpnn.com - jpnn.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, wilayah Surabaya bakal akrab dengan hujan sepanjang bulan Februari mendatang.

BMKG Surabaya menyatakan bahwa pada bulan tersebut merupakan puncak musim penghujan di tahun ini.

Prakirawan BMKG Juanda, Taufik Hermawan mengatakan bahwa intensitas hujan akan sangat tinggi sepanjang Februari.

Hal itu dipicu tingginya intensitas embusan angin yang lembab dari arah barat atau Samudera Hindia.

Intensitas angin dari barat itu memicu gumpalan awan hujan yang bakal rutin menyerang wilayah Surabaya dan sekitarnya.

"Gumpalan awan itu akan mendatangkan hujan dengan intensitas yang sangat tinggi. Jadi sepanjang Februari, hujan yang turun diprediksi akan sangat lebat dengan intensitas yang terus menerus. Hal itu akan terjadi di wilayah Surabaya, Gresik, maupun Sidoarjo," ujarnya ketika dihubungi Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Senin (30/1).

Taufik menambahkan bahwa hujan lebat itu bakal dibarengi dengan embusan angin yang sangat kencang. Idealnya, kecepatan angin saat terjadi hujan ada di kisaran 5-10 kilometer/jam.

Namun untuk hujan pada Februari mendatang, embusan angin bisa mencapai kecepatan maksimal, yakni hingga 35 kilometer/jam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, wilayah Surabaya bakal akrab dengan hujan sepanjang bulan Februari mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News