Perlu Dilakukan Strategi Diseminasi Informasi P4GN

Perlu Dilakukan Strategi Diseminasi Informasi P4GN
Ilustrasi

jpnn.com - INDONESIA saat ini dinyatakan dalam keadaan darurat narkoba. Hal ini disebabkan oleh beberapa indikator. Di antaranya, jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia sudah mencapai 4 juta orang. Selain itu, jenis narkoba yang masuk ke Indonesia semakin beragam dengan modus peredaran yang semakin canggih dan menggunakan berbagai cara. 

Berdasarkan hal itu, maka menurut Direktur Diseminasi Informasi BNN Gun Gun Siswadi saat ini perlu dilakukan strategi diseminasi informasi Penceghahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba  (P4GN) dalam rangka mengantisapasi keadaan darurat narkoba tersebut.

"Dengan cara itu maka Indonesia akan menjadi negara yang mampu secara mandiri keluar dari keadaan darurat narkoba untuk melakukan pembangunan di berbagai sektor kehidupan bermasayarakat, berbangsa dan bernegara," kata dia.

Kata Gun Gun, sejalan dengan paradigma komunikasi dan informasi yang mengalami perubahan sangat mendasar terutama pada konsep dan praktek komunikasi, maka saat ini proses komunikasi lebih cenderung bersifat sirkuler, tidak lagi linier dan dilaksanakan secara konvergen tidak parsial. 

Perubahan paradigma tersebut sangat berpengaruh pada kegiatan di bidang diseminasi informasi, sehingga pelaksanaan diseminasi informasi harus dapat mengantisipasi perubahan paradigma tersebut. 

Dengan demikian, lanjut dia, strategi komunikasi diseminasi informasi P4GN yang dilakukan perlu menyesuaikan sejalan perubahan paradigma dimaksud. Hal itu melalui pendekatan konvergensi media dengan memanfaatkan berbagai media baik melalui media elektronik, media cetak, media luar ruang, media tatap muka, media on-line, media tradisional.

Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (misalnya, komputer, televisi, radio, dan surat kabar), ke dalam sebuah media tunggal. 

Pokok bahasan dalam proyek perubahan ini adalah terkait konteks pelaksanaan diseminasi informasi melalui konvergensi media dalam rangka meningkatkan P4GN. Dengan sub bahasan meliputi media yang digunakan dan konten P4GN  yang disebarluaskan. 

INDONESIA saat ini dinyatakan dalam keadaan darurat narkoba. Hal ini disebabkan oleh beberapa indikator. Di antaranya, jumlah penyalahguna narkoba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News