Perlu Lebih Serius Persiapkan Hunian Warga

Perlu Lebih Serius Persiapkan Hunian Warga
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana. Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta perlu lebih serius dalam menyiapkan pemukiman warga Jakarta mengingat jumlah penduduk yang terus bertambah.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Tim Pemenangan Anies-Sandi, Triwisaksana, Jum’at (31/3).

Dikatakan, hal itu sejalan dengan yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi yang masih terpusat di perkotaan sehingga menyebabkan arus urbanisasi ke kota masih terus terjadi.

Arus urbanisasi ini bisa menjadi ancaman bagi pertumbuhan ekonomi untuk bisa tumbuh secara berkelanjutan jika tidak diiringi dengan penyediaan rumah yang dapat terjangkau oleh masyarakat pendatang ini.

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Sani ini juga mengingatkan, warga pendatang ini juga beragam strata ekonominya.

Tidak semua warga kebutuhan permukimannya bisa diselesaikan dengan penyediaan Rusunawa seperti program Pemprov DKI saat ini dan kebanyakan menjadi tempat relokasi warga yang digusur.

Saat ini sekitar 49 persen penduduk Jakarta belum memiliki hunian sendiri termasuk warga pendatang tersebut.

Sebagian warga pendatang juga memiliki kondisi ekonomi relatif lebih baik dan lebih membutuhkan hunian yang terjangkau dan berstatus milik sendiri.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta perlu lebih serius dalam menyiapkan pemukiman warga Jakarta mengingat jumlah penduduk yang terus bertambah.

Sumber RmolJakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News