Perluasan Lahan Tebu di 6 Daerah

Perluasan Lahan Tebu di 6 Daerah
Perluasan Lahan Tebu di 6 Daerah
JAKARTA-Pekan ini langkah awal persiapan Pemerintah dalam program swasembada gula mulai terealisasi. Dirjen Perkebunan, Achmad Manggabarani mengatakan, lahan seluas 500 ribu hektar telah disiapkan Kementerian Kehutanan. Dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Selasa (9/2), Achmad, menyatakan, lokasi-lokasi tersebut terdapat di beberapa daerah di Indonesia, yang karakteristiknya sesuai untuk lahan tebu.

Dia menyatakan sangat optimistis program swasembada gula tersebut berhasil. “Kita akan mengadopsi konsep di Brasil. Jadi ada gula untuk suplai industri, dan kalau jenuh bisa kita olah menjadi etanol,” paparnya. Dia menjelaskan, penggunaan metode kultur jaringan merupakan cara yang tepat. Saat ini, lanjutnya, tidak bisa lagi mengandalkan metode konvensional karena membutuhkan waktu yang relatif lama.

Keunggulan menggunakan kultur jaringan, kata dia, memiliki keunggulan waktu yang lebih pendek dan hasilnya banyak. Untuk memenuhi kebutuhan gula nasional dari dalam negeri, pemerintah menetapkan akan memperluas areal tanaman tebu hingga 41.705 hektare pada tahun ini.

Untuk areal seluas itu dibutuhkan bibit sebanyak 1,25 miliar mata senilai Rp563 miliar. Achmad menyampaikan perluasan lahan tanaman tebu itu akan difokuskan di Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Sulawesi, dan Merauke. (lev/jpnn)

JAKARTA-Pekan ini langkah awal persiapan Pemerintah dalam program swasembada gula mulai terealisasi. Dirjen Perkebunan, Achmad Manggabarani mengatakan,


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News