Permintaan Khusus Jokowi ke Menteri Amran

Permintaan Khusus Jokowi ke Menteri Amran
Presiden Joko Widodo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya permintaan khusus kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman, terkait penggunaan APBN 2018 yang akan dibahas dengan DPR.

Dalam Rapat Kabinet Paripurna membahas Pagu Indikatif RAPBN 2018, di kantor kepresidenan, Selasa (4/4), Presiden Jokowi meminta belanja pertanian diarahkan pada pengembangan tanaman holtikultura.

"Pak Mentan untuk mengembangkan tanaman holtikultura, bukan padi. Padinya saya kira sudah mulai rampung. Harus mulai dialokasikan ke tempat yang lain," ujar Jokowi dalam rapat yang dihadiri menteri Kabinet Kerja.

Terkait padi, mantan Wali Kota Surakarta itu melihat target pemerintah sudah tercapai. Itu dibuktikan dengan peningkatan produksi.

"Itu terlihat dari stok di bulog yang sampai malam tadi sudah 2 juta (ton) stok kita. Biasanya bulan-bulan Januari, Februari, Maret, stok kita paling rendah. Tapi saat ini menjelang ke panen raya justru stoknya sangat banyak," tutur presiden.

Karena itu, suami Iriana tersebut meminta Menteri Amran mengembangkan tanaman holtikultura.

Kemudian untuk belanja irigasi dan pembangunan infrastruktur harus sesuai dengan pengadaan sawah.

"Jangan sampai irigasinya ada sawahnya nggak ada. Ini bukan saya ngomong seperti ini nggak ada data, ya datanya seperti itu. Irigasinya ada tapi sawahnya nggak ada. Bendungannya ada sudah bertahun-tahun tapi jaringan irigasinya nggak ada. Yang aneh-aneh seperti ini banyak di lapangan," tandasnya.(fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya permintaan khusus kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman, terkait penggunaan APBN 2018 yang akan dibahas dengan


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News