Pernyataan Keras Engelina Merespons Pengembangan Blok Masela Mau Balik ke Laut

Pernyataan Keras Engelina Merespons Pengembangan Blok Masela Mau Balik ke Laut
Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina. Foto: dok.pribadi for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Archipelago Solidarity Foundation, Dipl.-Oek. Engelina Pattiasina merasa heran dengan pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasfrif soal pengembangan Blok Masela.

Engelina mengingatkan Arifin Tasrif untuk tidak memprovokasi rakyat Maluku dengan berusaaha menarik pengembangan Blok Masela ke laut secara halus dengan kombinasi pengembangan laut (offshore) dan darat (onshore).

Engelina menilai sikap Menteri ESDM Arifin Tasrif berbeda dengan Presiden Jokowi yang sudah memutuskan pembangunan Blok Masela di darat (onshore).

“Menteri ini melawan kebijakan Presiden Joko Widodo, karena pengembangan Blok Masela secara onshore merupakan keputusan Presiden. Ada apa sehinggga seorang menteri melangkahi keputusan presiden? Jangan salahkan kalau muncul praduga macam-macam di akhir masa jabatan ini? Bukan rahasia uang besar ada di Blok Masela,” tegas Engelina Pattiasina yang juga puteri salah satu pelopor industri Migas Nasional, JM Pattiasina di Jakarta, Sabtu (19/8).

Lebih lanjut Engelina mengatakan, patut dicurigai upaya kombinasi merupakan upaya halus untuk mengembalikan pengembangan kilang Blok Masela ke laut, seperti sebelumnya dan nyata-nyata mendapat perlawanan keras dari berbagai elemen di Maluku.

Engelina menegaskan, pemerintah dan investor berhak untuk kalkulasi keuntungan di Blok Masela, tetapi jangan lupa ada masyarakat Maluku yang merupakan provinsi termiskin keempat.

“Blok Masela ini menjadi harapan untuk membuka lapangan kerja dengan mengembangkan industri di Maluku dan menjadi pusat pertumbuhan baru di Maluku, tetapi Menteri ESDM ini kelihatannya tidak pro rakyat Maluku, ya pasti akan muncul reaksi. Maluku ini sudah dieksploitasi dari masa ke masa. Untuk Blok Masela ini, ya jangan lagi,” tegas Engelina.

Mantan Anggota DPR RI ini mengingatkan, kalau Menteri ESDM memaksakan keputusan, maka rakyat Maluku pasti akan konsisten mengawal keputusan Presiden Jokowi bahwa kilang Blok Masela dikembangkan di darat. Tidak ada embel-embel kombinasi.

Engelina Pattiasina menanggapi pernyataan Menteri ESDM Arifin Tasfrif soal pengembangan Blok Masela kombinasi offshore dan onshore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News