Pernyataan Lugas Pimpinan KPK Basaria Panjaitan Tanggapi Politikus NasDem

Pernyataan Lugas Pimpinan KPK Basaria Panjaitan Tanggapi Politikus NasDem
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Taufiqulhadi menyingungg sinergitas dan koordinasi antarlembaga penegak hukum dalam pemberantasan korupsi.

Taufiqulhadi mengatakan rapat kerja Komisi III DPR dan KPK sudah sering membuat kesimpulan supaya koordinasi antarlembaga dalam pemberantasan korupsi ditingkatkan.

“Ini bukan persoalan politis. Ini maksudnya apabila koordinasi antarlembaga itu berjalan maka akan memiliki dampak positif dalam pemberantasan korupsi,” kata Taufiqulhadi dalam rapat kerja Komisi III DPR dan KPK di gedung parlemen, Jakarta, Senin (1/7).

Politikus Partai Nasdem ini menegaskan bahwa koordinasi antarlembaga ini perlu ditekankan. Dia mengingatkan bahwa Polri, Jaksa, KPK, merupakan mitra dalam pemberantasan korupsi.

“Jangan sampai sampai demoralisasi, bagaimana psikologi lembaga tersebut di mata publik. Tolong koordinasi yang baik antarlembaga,” ujarnya.

BACA JUGA: Penjelasan Ketua KPK di Raker DPR soal Isu Anak Jaksa Agung Terjaring OTT

Dia menjelaskan jika anggota di lembaga tersebut ada persoalan, maka KPK harus mengoordinasikannya dengan institusi yang dimaksud, supaya mereka bisa menyelesaikan persoalan yang disampaikan oleh komisi antikorupsi tersebut.

“Itulah yang mungkin kemarin, saya buat pernyataan, tetapi dalam rangka konteks kesimpulan yang sudah diambil agar lembaga tersebut menjadi mitra yang baik oleh KPK,” katanya.

Basaria Panjaitan mengatakan, KPK sudah menghubungi Jaksa Agung Prasetyo, Kajati DKI Jakarta Warih Sadono, tetapi KPK tidak mungkin tak memprosesnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News