JPNN.com

Pernyataan Sikap IKA USAKTI terkait Pilpres dan Pileg 2019

Minggu, 13 Januari 2019 – 15:19 WIB Pernyataan Sikap IKA USAKTI terkait Pilpres dan Pileg 2019 - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Trisakti (IKA USAKTI) menyampaikan pernyataan sikap terkait Pemilu Serentak 17 April 2019.

Berikut pernyataan sikap yang diteken Ketum IKA USAKTI Periode 2017 – 2021 Saidu Solihin dan Sekretaris Jenderal Ir. Achmad Kurniawan:

Rakyat Indonesia tidak lama lagi akan melaksanakan pesta demokrasi terbesar, yaitu Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif dalam beberapa bulan ke depan. Hajat politik lima tahunan ini, untuk pertama kalinya pasca reformasi diselenggarakan secara bersamaan dengan harapan mampu meningkatkan kualitas dan partisipasi publik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), seluruh pemangku kebijakan dan masyarakat memiliki kewajiban yang sama untuk menyukseskan Pemilu.

Sebagaimana pesta demokrasi pada umumnya, kontestasi politik untuk mendapatkan mandat dari rakyat kerap kali menimbulkan gesekan-gesekan perbedaan dilevel masyarakat.

Kami, Ikatan Alumi Universitas Trisakti (IKA USAKTI) menilai perbedaan tersebut adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari namun perlu diarahkan menjadi hal yang positif bagi kemajuan demokrasi bangsa, sebagaimana amanat dari Reformasi 1998.

IKA USAKTI mengajak semua pihak untuk mengawal proses transisi kepemimpinan nasional pasca reformasi ini agar dapat dilaksanakan dengan aman, damai dan tertib. IKA USAKTI mengimbau semua pihak mentaati mekanisme hukum pemilu dan melaksanakan kampanye secara positif untuk berlomba-lomba meyakinkan pemilih sesuai dengan tata cara yang telah disepakati.

Kami yakin, kualitas pemilihan umum yang baik akan menjadi dasar penting untuk kemajuan berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, IKA USAKTI sebagai bagian dari kelompok masyarakat sipil yang turut mendambakan pesta Pemilu sebagai pesta rakyat yang gembira menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut :

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...