Pernyataan Terbaru Dubes Arab Saudi soal Haji 2020, Peluang WNI Makin Besar

Pernyataan Terbaru Dubes Arab Saudi soal Haji 2020, Peluang WNI Makin Besar
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi. Foto: Antara Foto/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Peluang warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji makin besar. Pasalnya, pemerintah setempat telah memutuskan untuk mengutamakan warga negara asing atau ekspatriat.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al-Thaqafi mengungkapkan, kuota jemaah haji 1441H/2020M dibatasi hanya 10 ribu. Dari kuota tersebut sebagian besar diperuntukan bagi ekspatriat yang berdomisili di Arab Saudi.

“Dari 10 ribu kuota haji tahun ini, sepertiganya untuk warga negara Saudi, sisanya untuk ekspatriat,” jelas Dubes Essam saat bertemu Menag Fachrul Razi di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (26/6).

Setiap tahun, tidak kurang 2,5 juta umat Islam menjalankan ibadah haji. Namun, untuk tahun ini, kuota jemaah dibatasi hanya berkisar 10 ribu. Itu pun hanya untuk warga Saudi dan ekspatriat yang ada di Saudi. Pembatasan tersebut, kata Dubes Essam, disebabkan alasan keselamatan di tengah pandemi COVID-19.

“Pembatasan hanya 10 ribu untuk menjaga keselamatan jemaah di tengah pandemi COVID-19. Sehingga, bisa dikendalikan bila terjadi kejadian yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Bagi jemaah yang diizinkan berhaji, lanjut Dubes Essam, harus tunduk pada protokol kesehatan yang sangat ketat. Akan dilakukan tindakan preventif juga untuk mencegah COVID-19.

Diketahui, sebanyak 500 ribu warga WNI berada di Arab Saudi. Namun, Jubir Kementerian Agama Oman Faturahman mengatakan, belum tentu semuanya mendaftarkan diri untuk melaksanakan ibadah haji.

Mengenai haji khusus dan haji undangan dari Kerajaan Arab Saudi, Osman menegaskan, tidak ada tahun ini. Saudi tidak membuka pendaftaran jemaah haji dari luar negaranya, jadi semuanya hanya dari dalam Saudi sendiri.

Peluang warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji makin besar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News