Perokok Lebih Peduli Uang Daripada Kesehatan

Perokok Lebih Peduli Uang Daripada Kesehatan
Aaron Cramond (kiri), seorang perokok dan Glen Davies yang sudah berhenti merokok mengatakan orang terbiasa dengan gambar mengerikan di bungkus rokok. (ABC News: David Chen)

Foto-foto yang menunjukkan kaki penuh borok dan gigi membusuk pada bungkus rokok tidak lagi cukup mengejutkan untuk mendorong orang menghentikan kebiasaan merokok, dan peringatan harus fokus pada biaya, kata para ahli.

Tim James Cook University menyurvei 900 orang, termasuk non-perokok, perokok, apoteker dan siswa di Townsville, Rockhampton dan Brisbane, mencari pandangan mereka tentang label peringatan rokok saat ini.

Hampir 60 persen berpikir bahwa peringatan itu tidak efektif untuk membuat perokok saat ini berhenti merokok.

Hanya 27 persen orang yang disurvei berpikir bahwa label itu efektif dalam mencegah non-perokok mengambil kebiasaan itu.

Perokok Lebih Peduli Uang Daripada Kesehatan
Photo: Bungkus rokok dan pemantik. (ABC News: Nic MacBean)

Penulis survei Aaron Drovandi mengatakan, ketika banyak orang berpikir bahwa peringatan itu masih merupakan ide yang bagus, para perokok tidak lagi terkejut.

"Mereka terbiasa melihat itu. Sebagian orang akan mencoba untuk menyembunyikan kemasan hanya untuk tidak melihat peringatan," katanya.

"Sebagian orang akan meminta peringatan yang tidak berlaku bagi mereka, misalnya seseorang yang tidak memiliki anak akan meminta kemasan dengan peringatan dengan anak yang sakit di atasnya karena mereka dapat menjauhkan diri dari apa yang ingin ditunjukkan oleh peringatan.

"Orang mengatakan, 'ya kemasan mungkin awalnya memengaruhi saya ketika saya pertama kali melihatnya, tetapi itu tidak mengganggu saya'." 

Foto-foto yang menunjukkan kaki penuh borok dan gigi membusuk pada bungkus rokok tidak lagi cukup mengejutkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News