Perolehan Suara PKB di Pemilu 2024 Diprediksi Meningkat, Ada Faktor Gus Muhaimin

Perolehan Suara PKB di Pemilu 2024 Diprediksi Meningkat, Ada Faktor Gus Muhaimin
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilu 2024 mendatang diprediksi meningkat dibanding 2019.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun mengacu temuan survei lembaganya beberapa waktu lalu.

Menurut Rico pada pemilu nanti PKB akan mampu menjadi partai terbesar di antara parpol berbasis pemilih muslim dengan elektabilitas 10,2 persen.

"Survei mencatat Partai Kebangkitan Bangsa termasuk yang mengalami peningkatan perolehan suara," kata Rico dalam keterangan di Jakarta, Jumat (9/12).

Rico mengungkap perbandingan survei Median pada Maret dan November 2022 yang menunjukkan kenaikan elektabilitas PKB dari peringkat 5 menjadi empat besar parpol dengan perolehan 10.2 persen.

Dia bahkan menyebut PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar mampu menempatkan diri menjadi partai Islam yang berwajah terbuka serta toleran.

Hal itu terbukti dari cukup banyaknya pemilih nonmuslim yang menjatuhkan pilihan politik kepada PKB.

"Berdasarkan survei, PKB menjadi satu-satunya partai Islam yang memiliki basis pemilih nonmuslim. Antara lain, dari kalangan umat Katolik 4,8 persen, Protestan 1,8 persen, Hindu 5,3 persen, dan Budha 25,0 persen," tutur Rico.

Survei Median menyatakan perolehan suara PKB di Pemilu 2024 bakal meningkat dibanding 2019. Faktor Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) juga menentukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News