PERPIBI: Pijat Bayi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dan Cegah Stunting

PERPIBI: Pijat Bayi Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dan Cegah Stunting
Ketua PERPIBI yang juga instruktur pijat bersertifikasi Internaional Association of Infant Massage (IAIM), Tiur Hutagalung. Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kebutuhan pijat untuk tumbuh dan kembang anak sangat dibutuhkan sang buah hati sedari bayi.

Pijat bayi memberikan efek yang positif baik secara jasmani dan rohani, yakni dengan meningkatnya hubungan emosional (bonding) antara ibu dan bayi secara kualitas serta kuantitas.

Menjawab akan hal itu, melalui Perkumpulan Pelatih Pijat Bayi Indonesia (PERPIBI) orang tua dapat melalukan pembelajaran sentuhan pijat yang tentunya aman dan nyaman untuk bayi.

Ketua PERPIBI yang juga instruktur pijat bersertifikasi Internaional Association of Infant Massage (IAIM), Tiur Hutagalung menjelaskan pentingnya dan manfaat pemijatan untuk bayi.

Menurutnya, pemijatan dilakukan oleh orang tua sendiri dan bukan orang lain.

"Penting banget karena menambah atau meningkatkan nafsu makan, mengurangi tangisan pada bayi, mengoptimalkan tumbuh kembang anak, mencegah syunting, dan banyak hal lain yang bisa didapat," ujar Tiur Hutagalung dalam seminar pijat bayi dan relaucnhing PERPIBI di kawasan Jakarta Selatan, Minggu (19/6).

Baca Juga:

PERPIBI merupakan perkumpulan untuk para CIMI (Certified Infant Massage Instructor) yang berada diwilayah Republik Indonesia.

Semua CIMI melatih para orangtua agar mampu belajar memahami sinyal ketika bayi akan dipijat dan juga mereka bisa memijatnya setiap waktu di rumah.

Kebutuhan pijat untuk tumbuh dan kembang anak sangat dibutuhkan sang buah hati sedari bayi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News