Perpres Kemudahan Berusaha Jangan Hanya Lips Service

Perpres Kemudahan Berusaha Jangan Hanya Lips Service
Kawasan Industri Batamindo. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, Kamis (31/8).

Perpres ini bertujuan untuk mempercepat proses perizinan investasi. Di Batam, kalangan dunia usaha menyambut baik keluarnya aturan baru itu.

Namun, mereka juga meminta pemerintah daerah (Pemda) tidak lambat merealisasikannya.

"Kedengaranya sih sangat menjanjikan, tapi implementasi di lapangan nanti kita lihat. Semua pengusaha dan investor tentu berharap semua perizinan dipermudah dan dipercepat. Sehingga mereka bisa bekerja segera dan berproduksi," kata Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Cahya, kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), Kamis (31/8).

Kebijakan ini bertujuan meningkatkan standar pelayanan perizinan berusaha agar semakin efisien, mudah dan terintegrasi. Pemerintah pusat menyadari bahwa selama ini pelayanan benar-benar belum optimal.

Misalnya saja, perizinan masih bersifat parsial dan tidak terintegrasi, sekuensial (berurutan), belum seluruhnya menggunakan teknologi informasi (online), waktu penyelesaian dan biaya perizinan yang tidak jelas, serta birokrasi yang berbelit-belit.

"Kami berharap ini semua tidak hanya sebatas lips service. Pemerintah harus buktikan bisa bekerja serius sampai semua stakeholders bisa menjalankan kebijakan ini sesuai harapan," tambah Cahya.

Sebelumnya, kata Cahya, pemerintah pusat sudah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi, namun semuanya belum bisa direalisasikan secara optimal oleh pemerintah daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News