Perpusnas RI Dukung UMKM lewat Literasi Terapan Pengolahan Pisang

Perpusnas RI Dukung UMKM lewat Literasi Terapan Pengolahan Pisang
Perpustakaan Nasional RI mengadakan literasi terapan usaha olahan pisang (Pisangpreneur) di 5 kota di Indonesia. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Perpustakaan Nasional RI mengadakan literasi terapan usaha olahan pisang (Pisangpreneur) di 5 kota di Indonesia.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendorong usaha, mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk berkembang.

Perpustakaan Nasional memilih pengolahan pisang lantaran Indonesia termasuk negara penghasil pisang terbesar ketiga di dunia setelah India dan China.

Selain untuk konsumsi dalam negeri, pisang yang dibudidaya di Indonesia juga turut diekspor ke berbagai seperti Malaysia, Australia, Timur Tengah, Jepang, Korea Selatan, Belanda, China, Iran, dan lainnya.

Oleh sebab itu, Perpustakaan Nasional merancang program unggulan berupa transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yaitu pisangpreneur yang bertujuan memberikan impact langsung bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas pertumbuhan ekonomi rumah tangga.

Adapun pelaksanaan kegiatan LIterasi Olahan Pisang berlangsung sejak September – November 2023 di 5 kota yaitu Pekanbaru, Lampung, Pontianak, Solo dan Enrekang dan diikuti oleh 600 peserta.

Pelatihan ini diberikan untuk memberikan pemahaman dan juga keterampilan dalam mengolah pisang untuk generasi muda dan masyarakat umum sehingga mampu dalam pemilihan jenis pisang, pengolahan, pengemasan, strategi branding dan target pasar sesuai sasaran serta berkualitas.

Chef Wahid HIdayat, salah satu instruktur pelatihan mengemukakan bahwa acara pisangpreneur 2023 dari perpusnas ini merupakan kegiatan yang luar biasa.

Perpustakaan Nasional RI mengadakan literasi terapan usaha olahan pisang (Pisangpreneur) di 5 kota di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News