Perpustakaan MPR Gelar Seminar, Bahas Strategi Menuju Akreditasi

Perpustakaan MPR Gelar Seminar, Bahas Strategi Menuju Akreditasi
Perpustakaan MPR menggelar seminar dengan tema ‘Strategi Perpustakaan Khusus Menuju Akreditasi’ di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan. Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Perpustakaan MPR menggelar seminar dengan tema ‘Strategi Perpustakaan Khusus Menuju Akreditasi’ di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Rabu (22/8).

Pada pameran tersebut, puluhan pustakawan dari berbagai lembaga negara dan pemerintah memenuhi Ruang Presentasi Perpustakaan MPR.

Kegiatan yang digelar secara ‘daring’ dan ‘luring’ tersebut mampu menarik para pustakawan dari berbagai lembaga dan tempat. Hal itu dilihat sebanyak 150 orang yang menghadiri kegiatan itu.

Pustakawan Madya Perpustakaan MPR Yusniar SH mengatakan, akreditasi merupakan kewajiban bagi seluruh perpustakaan.

Akreditasi perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

“Agar tujuan tercapai maka dalam kesempatan ini Perpustakaan MPR menggelar dan mengundang para pustakawan untuk mengikuti seminar ini," ujarnya.

Saat presentasi dalam seminar, Yusniar mengungkapkan Perpustakaan MPR memiliki komponen utama berupa kurang lebih 52.000 eksemplar, lima sampai 6 jenis koleksi referensi, lebih dari 1802 judul koleksi elektronik, memiliki aplikasi otomasi baku lengkap (Inlislite) yang didukung fasilitas LAN terkoneksi internet.

Menurut Yusniar, Perpustakaan MPR memiliki luas bangunan kurang lebih 1125 meter persegi.

Dalam ruangan tersebut terdapat rak buku cetak, rak koleksi jurnal ilmiah, rak majalah, serta rak display koleksi buku baru.

“Juga dilengkapi dengan peralatan multimedia seperti PC, scanner, printer, televisi, RFID Gate, kursi, dan Meja untuk pemustaka yang akan membaca buku”, tuturnya.

Disebutkan pelayanan yang diberikan, yakni layanan baca di tempat, sirkulasi, referensi, penelusuran, literasi informasi, penyediaan dokumen, fotokopi, dan kunjungan pemustaka.

Untuk mendukung semua aktivitas di atas, Perpustakaan MPR memiliki lima orang pustakawan, empat orang administrasi umum, dan dua orang PPNPN. (jpnn)


Perpustakaan MPR menggelar seminar dengan tema ‘Strategi Perpustakaan Khusus Menuju Akreditasi’ di Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News