Persediaan Vaksin Covid-19 di Dunia Tidak Merata, Negara-Negara Maju Diduga Menimbun

Persediaan Vaksin Covid-19 di Dunia Tidak Merata, Negara-Negara Maju Diduga Menimbun
Ilustrasi vaksin Covid-19. foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah negara maju berpotensi kelebihan sekitar satu miliar dosis vaksin Covid-19 hingga akhir tahun 2021.

Jumlah tersebut tidak ditetapkan sebagai sumbangan untuk negara-negara yang tidak mampu.

Menurut penelitian perusahaan analisis data Airfinity, stok vaksin covid-19 di negara-negara maju di barat telah mencapau 500 juta dosis pada bulan ini dengan 360 juta dosis yang tidak dialokasikan untuk sumbangan.

Pada akhir tahun, negara-negara tersebut berpotensi memiliki suntikan surplus hingga 1,2 miliar dosis.

Data pada penelitian itu berfokus pada pasokan vaksin di negara-negara G7 yaitu Amerika Serikat, Canada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris.

Ketidaksetaraan vaksin ini mendapat kecaman dari banyak tokoh kesehatan dunia. Skema pembagian vaksin global Covax bertujuan untuk memberikan dua miliar dosis vaksin Covid-19 kepada 190 negara tahun ini.

Namun, kesepakatan antara negara-negara berpenghasilan tinggi dengan produsen vaksin dilaporkan telah membatasi ketersediaan vaksin untuk skema Covax dan menyebabkan adanya penimbunan vaksin.

Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menplak ketidakadilan global terhadap ketersediaan vaksin Covid-19.

Ketersediaan vaksin covid-19 tidak merata, sejumlah negara maju berpotensi kelebihan sekitar satu miliar dosis hingga akhir tahun 2021

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News