Persiapan Mudik Lebaran Sudah 90 Persen

Persiapan Mudik Lebaran Sudah 90 Persen
Tol fungsional saat musim mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Persiapan mudik yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan saat ini telah mencapai 90 persen.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Untuk kesiapan mudik sudah mencapai 90 persen karena kami sudah mulai sejak Januari. Kami juga sudah membuat penelitian mengenai preferensi masyarakat yang akan mudik," jelas Budi.

Mantan dirut AP II ini juga menganjurkan masyarakat untuk memilih moda transportasi yang aman dan tidak hanya memanfaatkan jalan tol saja melainkan jalan nasional juga.

"Kalau nanti ingin mudik menggunakan bus, calon penumpang bisa memastikan ada stiker yang menandakan bahwa bus tersebut telah lulus pemeriksaan teknis dan dinyatakan laik jalan. Dan bagi para pemudik yang akan lewati jalur darat, mari kita juga gunakan jalan nasional non-tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol," tutur Budi.

Dia juga berpesan kepada para pemudik untuk melakukan persiapan yang baik dan memilih moda transportasi yang sesuai dengan jarak tempuh tujuan.

"Kami harapkan masyarakat memiliki persiapan yang baik secara fisik dan kendaraan yang digunakan. Mari menggunakan moda transportasi yang telah dianjurkan oleh pemerintah. Kita harus mewujudkan mudik yang aman dan selamat bagi semua," tandas Budi.(chi/jpnn)


Masyarakat dianjurkan untuk memilih moda transportasi yang aman dan tidak hanya memanfaatkan jalan tol saja saat mudik lebaran.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News