Pertamina Bakal Integrasikan Impor Minyak

Komisaris-Direksi Sepakati Badan Impor, Ditargetkan Terbentuk Akhir Tahun Ini

Pertamina Bakal Integrasikan Impor Minyak
Pertamina Bakal Integrasikan Impor Minyak
JAKARTA - PT Pertamina terus mematangkan upaya perbaikan sistem pengadaan minyak. Badan impor minyak yang direncanakan sejak awal tahun lalu ditargetkan dapat terbentuk akhir tahun ini.

Komisaris Pertamina Maizar Rahman mengatakan, direksi telah mempresentasikan rencana pembentukan badan impor yang akan dibentuk dalam struktur integrated supply chain management (ISCM). ''Kami harapkan bisa sesegera mungkin. Sebelum akhir tahun ini,'' ujarnya di Jakarta Rabu (8/10).

Menurut Maizar, ISCM akan menggabungkan dua kegiatan impor yang selama ini dilakukan terpisah. Yakni, impor BBM oleh Direktorat Pemasaran dan Niaga, sedangkan impor minyak mentah (crude) oleh Direktorat Pengolahan. ''Jadi, nanti itu diintegrasikan agar optimal,'' katanya.

Rencana pembentukan badan impor minyak kali pertama diutarakan oleh mantan Komisaris Utama (Komut) Pertamina Endriartono Sutarto. Rencana itu digulirkan menyikapi dugaan kasus korupsi dalam impor minyak mentah jenis Zatapi oleh Pertamina. Untuk itu, akan dibentuk badan impor yang akan melakukan kegiatan impor secara lebih transparan.

JAKARTA - PT Pertamina terus mematangkan upaya perbaikan sistem pengadaan minyak. Badan impor minyak yang direncanakan sejak awal tahun lalu ditargetkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News