Pertamina Berdayakan UMKM Desa Tasikharjo Tuban Lewat Pemanfaatan Energi Terbarukan

Pertamina Berdayakan UMKM Desa Tasikharjo Tuban Lewat Pemanfaatan Energi Terbarukan
Pertamina melanjutkan jejak sukses program Desa Energi Berdikari dengan memberdayakan UMKM Desa Tasikharjo di Kabupaten Tuban, Jawa Timur lewat pemanfaatan energi terbarukan. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, TUBAN - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Fuel Terminal Tuban memberikan edukasi dan pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Jatimbalinus Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melanjutkan jejak sukses program Desa Energi Berdikari dengan memberdayakan masyarakat.

Energi terbarukan ini juga telah mendukung kebutuhan energi program pemberdayaan UMKM setempat, Ekonomi Kreatif Tasikhrjo (Ekokraf Asik), serta menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan di daerah sekitar.

Sebanyak 35 penerima manfaat melalui program Ekokraf Asik yang terdiri dari tiga program pemberdayaan UMKM.

Ketiga program tersebut, yaitu UMKM Batik Sekar Tanjung, Program Jahit Sekar Tanjung, dan Program Ethical Creative Tasikharjo dengan memanfaatkan potensi alam dan sumber daya lokal untuk menghasilkan produk-produk kreatif yang berkualitas dan ramah lingkungan sekaligus memutar roda ekonomi warga desa.

“Pemanfaatan EBT dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dengan menyediakan energi yang terjangkau dan andal," kata Fuel Terminal Manager Tuban Adriansyah.

Menurut Adriansyah, dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang melimpah di Indonesia, salah satunya dengan cara memaksimalkan transisi energi dapat membantu pelaku ekonomi kreatif berinovasi dan mengembangkan produk dan layanan desa setempat maupun membantu melindungi lingkungan.

Energi terbarukan ini juga telah mendukung reverse osmosis dan Eco Pengolahan Limbah Komunal untuk mencapai kemandirian akses air di Desa Tasikharjo.

Pertamina melanjutkan jejak sukses program Desa Energi Berdikari dengan memberdayakan UMKM Desa Tasikharjo lewat pemanfaatan energi terbarukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News