Pertamina Bidik Blok Migas Laut Dalam

Pertamina Bidik Blok Migas Laut Dalam
Pertamina Bidik Blok Migas Laut Dalam
JAKARTA- PT Pertamina bertekad menaikkan status dan kelasnya di industri hulu migas. BUMN migas itu serius membidik pengembangan lapangan migas laut dalam (deep water) yang bakal menyedot banyak dana dan teknologi mutakhir.

 

Dirut Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, dalam tender migas tahun ini, pihaknya mengincar dua lapangan deep water. "Lokasinya di Indonesia timur," ujarnya Selasa (10/3).

 

Hingga saat ini, Pertamina memang belum pernah mengembangkan lapangan deep water. Salah satu yang akan dikembangkan adalah blok raksasa Natuna D-Alpha. Pengembangan Natuna D-Alpha menjadi proyek raksasa. Sebab, hingga saat ini belum ada proyek deep water di dunia dengan tingkat kesulitan sebagaimana di Natuna.

 

Pasalnya, blok migas dengan potensi cadangan gas hingga 46 triliun kaki kubik (TCF) tersebut memiliki kandungan CO2 hingga 70 persen. Proses pemisahan CO2 dari gas butuh teknologi canggih dan biaya besar. Dari hitungan awal Pertamina, pengembangan Natuna D-Alpha akan menelan biaya USD 52 miliar.

 

JAKARTA- PT Pertamina bertekad menaikkan status dan kelasnya di industri hulu migas. BUMN migas itu serius membidik pengembangan lapangan migas laut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News