Pertamina Dukung Indonesia Capai Target Nol Emisi Karbon pada 2060

Pertamina Dukung Indonesia Capai Target Nol Emisi Karbon pada 2060
PT Pertamina (Persero) mendukung Indonesia untuk mencapai nol emisi karbon atau bebas polusi pada 2060 mendatang. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mendukung Indonesia untuk mencapai nol emisi karbon atau bebas polusi pada 2060 mendatang.

Direktur Utama dan President Director PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan Indonesia meningkatkan target penuruan emisi gas rumah kaca (GRK) menjadi 31,89% dengan upaya sendiri.

Sementara itu, 43,20% dengan bantuan internasional, melalui dokumen Enhanced Nationally Determined Contribution (NDC).

"Pertamina menetapkan target penurunan emisi sebesar 30% pada 2030, dibandingkan baseline 2010 kami,” kata Nicke Widyawati dalam diskusi panel COP27 di Sharm El Sheikh, Mesir, Minggu (6/11).

Pada 2021, Pertamina sukses menurunkan emisi GRK sebesar 7,4 juta metrik ton CO2 atau 29,09% dibandingkan baseline 2010.

Penurunan emisi itu dicapai melalui pengurangan non-routine emissions dari proses yang digunakan untuk bahan bakar penggunaan sendiri.

Ada juga pasokan gas ke pelanggan sebanyak 69,7% dengan peralatan lebih efisien termasuk dalam Program Efisiensi Energi dan berkontribusi 13,9%, karena menggunakan sumber energi rendah karbon yang menyumbang 16,2% dan kegiatan lainnya.

Untuk mencapai aspirasi net zero, Pertamina mengembangkan strategi holistik yang disampaikan melalui dua pilar, yaitu dekarbonisasi aktivitas bisnis dan pengembangan bisnis hijau baru.

PT Pertamina (Persero) mendukung Indonesia untuk mencapai nol emisi karbon atau bebas polusi pada 2060 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News