Pertamina Gandeng Denjaka TNI AL Mengamankan Obvitnas, Ada Simulasi, Tegang

Pertamina Gandeng Denjaka TNI AL Mengamankan Obvitnas, Ada Simulasi, Tegang
Pasukan elite TNI AL Denjaka mengambil alih platform dari pembajak saat kegiatan Emergency & Major Crisis Exercise Pertamina-TNI AL yang diselenggarakan di Sepinggan Field zona 10, Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/11). Foto: Humas Pertamina

jpnn.com - JAKARTA - Pertamina menggandeng pasukan elite TNI AL, yakni Detasemen Jalamangkara atau Denjaka untuk mengamankan infrastruktur energi yang merupakan objek vital nasional atau obvitnas.

Keterlibatan Denjaka terlihat dalam simulasi pembebasan Kapal MT Sanga-Sanga yang dibajak di perairan Balikpapan pada akhir bulan lalu.

“Pertamina harus memastikan keamanan seluruh infrastruktur energi untuk menjaga stok dan ketahanan energi nasional,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Fadjar menyampaikan menjaga ketahanan energi nasional sama pentingnya dengan menjaga kedaulatan bangsa, sehingga TNI dan Polri menjadi garda terdepan dalam menjaga aset Pertamina di seluruh Indonesia.

“Simulasi ini diharapkan makin memperkuat sinergi antara Pertamina dengan TNI, Polri dan seluruh stakeholder sehingga jika terjadi situasi darurat bisa segara diatasi dengan cepat, seperti tergambar dalam simulasi,” ujar Fadjar.

SVP HSSE PT Pertamina (Persero) Lelin Aprianto menyampaikan dipilihnya Balikpapan sebagai lokasi latihan dikarenakan di kota ini Pertamina memiliki berbagai entitas bisnis yang komprehensif, baik dari tingkat holding hingga level sub-holding yang lengkap.

“Sehingga keterlibatan hampir keseluruhan pihak bersama TNI AL bisa maksimal dalam latihan ini. Kami mengapresiasi TNI AL atas terselenggaranya latihan bersama ini,” ungkap Lelin.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Keterlibatan Denjaka terlihat dalam simulasi pembebasan Kapal MT Sanga-Sanga yang dibajak di perairan Balikpapan pada akhir bulan lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News