Pertamina Garap Pasar Pelumas di AS

Pertamina Garap Pasar Pelumas di AS
Pertamina Garap Pasar Pelumas di AS
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) tidak ingin kehilangan momentum memanfaatkan pertumbuhan industri otomotif dunia. Setelah mampu menembus pasar minyak pelumas sejumlah negara, Pertamina Lubricants salah satu unit bisnis di bawah Direktorat Pemasaran dan Niaga, membibidik pasar Amerika Serikat (AS).

      

Vice President Lubricants Pertamina Supriyanto D.H. mengatakan, pihaknya akan memasuki pasar Negeri Paman Sam melalui Seattle. "Saat ini, proses masuk pasar Amerika Utara masih dalam proses. Kami mau masuk lewat Seattle," ujarnya saat diskusi tentang kesiapan Pertamina menghadapi pembatasan BBM bersubsidi di Jakarta, Senin (6/2).

      

Rencana ekspansi pasar tersebut sejalan dengan kebijakan Pertamina yang akan mengonsentrasikan pemasaran ke luar negeri. Hal tersebut mengingat perseroan telah mampu memantapkan dominasinya di pasar domestik, terbukti dengan angka pengusaan pasar yang mencapai 60 persen pada akhir tahun lalu.

Tahun ini, di pasar domestik Pertamina menargetkan penjualan produk pelumasnya 444.960 ribu kiloliter (KL). Angka itu naik 2-3 persen dibandingkan penjualan tahun lalu yang tercatat 430.000 KL. Sepanjang tahun lalu, dari bisnis minyak pelumas, Pertamina mampu meraup pendapatan Rp 9 triliun dengan laba bersih Rp 1,7 triliun.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) tidak ingin kehilangan momentum memanfaatkan pertumbuhan industri otomotif dunia. Setelah mampu menembus pasar minyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News