Pertamina Grup Bersinergi Menginisiasi Perdagangan Karbon

Pertamina Grup Bersinergi Menginisiasi Perdagangan Karbon
Penandatanganan heads of agreement terkait perdagangan karbon yang dilakukan Direktur Utama PHE Wiko Migantoro, Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman dan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro, serta disaksikan Wakil Menteri BUMN I Pahala N Mansury dan Direktur Strategi Portofolio dan Pengembangan Usaha Pertamina A Salyadi Saputra di Bali, Selasa (18/10). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, NUSA DUA - Pertamina menginisiasi pilot project perdagangan karbon yang dilakukan antarsubholding, yaitu Pertamina NRE, Subholding Upstream (PHE), dan Subholding Refinery & Petrochemical (KPI).

Kolaborasi ketiganya ditandai dengan penandatanganan heads of agreement (HoA) dalam acara G20 State-owned Enterprises International Conference di Nusa Dua, Bali, Selasa (18/10).

Penandatanganan tersebut dilakukan Direktur Utama PHE Wiko Migantoro, Direktur Utama KPI Taufik Aditiyawarman dan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro, serta disaksikan Wakil Menteri BUMN I Pahala N Mansury dan Direktur Strategi Portofolio dan Pengambangan Usaha Pertamina A Salyadi Saputra.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi Wiko Migantoro menyampaikan bagi PHE, ESG merupakan peluang baru untuk perusahaan agar lebih banyak memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat.

Wiko Migantoro menegaskan strategi dekarbonisasi ini merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari ESG.

"Komitmen ESG ini sendiri juga sudah dibuktikan melalui perolehan rating ESG yang berhasil mendapatkan peringkat 24 dari 254 perusahaan penghasil minyak global," terangnya.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Taufik Aditiyawarman menambahkan dekarbonisasi ini merupakan implementasi dari penerapan ESG PT KPI.

"Dalam hal pengurangan emisi karbon untuk mendukung Sustainable Development Goals Nomor 13 mengenai penanganan perubahan iklim untuk mengambil tindakan cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya," imbuh Taufik.

Pertamina menginisiasi pilot project perdagangan karbon yang dilakukan antarsubholding

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News