Pertamina Hulu Energi dan PPI Teken Perjanjian Karbon Kredit, Komitmen Terapkan ESG

Pertamina Hulu Energi dan PPI Teken Perjanjian Karbon Kredit, Komitmen Terapkan ESG
Direktur Utama PHE Wiko Migantoro dan Direktur Utama PPI Danif Danusaputro PHE melakukan penandatanganan perjanjian pokok perdagangan karbon kredit di Bali, Selasa (18/10). Acara tersebut disaksikan langsung Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury dan Direktur SPPU PT Pertamina (Persero) Atep Salyadi Dariah Saputra. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, NUSA DUA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) melakukan penandatanganan Perjanjian Pokok (Heads of Agreement – HOA) Perdagangan Karbon Kredit dengan PT Pertamina Power Indonesia (PPI) di Bali, Selasa (18/10).

Hadir langsung untuk menandatangani perjanjian tersebut Direktur Utama PHE Wiko Migantoro, dan Direktur Utama PPI Danif Danusaputro.

Penandatanganan disaksikan langsung oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury, dan Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero) Atep Salyadi Dariah Saputra.

PHE sebagai Subholding Upstream Pertamina bertugas mengeksplorasi seluruh potensi sumber daya minyak dan gas bumi untuk diproduksikan sebagai kontribusi pada ketahanan energi nasional maupun produk olahan migas lainnya.

Dalam menjalankan tugasnya tersebut, PHE juga juga menerapkan prinsip-prinsip environment, social, governance (ESG) sebagai landasan dalam kegiatan operasional yang handal untuk menjadi perusahaan yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata kelola yang baik.

Selain itu, sebagai salah satu penerapan prinsip ESG tersebut, PHE mempunyai strategi transisi energi sebagai bagian untuk berkontribusi pada upaya pemerintah dalam pencapaian Net Zero Emission (NZE).

Strategi transisi energi tersebut, di antaranya mendorong pengembangan gas sebagai energi yang rendah emisi, dekarbonisasi melalui efisiensi penggunaan energi.

Kemudian pergantian penggunaan bahan bakar ke bahan bakar yang rendah emisi melalui penerapan Carbon Capture Utilization & Storage (CCUS) yang saat ini sedang dalam proses studi pemanfaatannya sebagai proses enhanced oil/gas recovery dan juga carbon capture & storage hub dengan memanfaatkan reservoir yang sudah tidak berproduksi sebagai tempat penyimpanan emisi karbon, serta melalui carbon credit dan offsetting.

Direktur Utama PHE Wiko Migantoro, dan Direktur Utama PPI Danif Danusaputro menandatangani perjanjian pokok perdagangan karbon kredit, Selasa (18/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News