Pertamina Hulu Rokan Sosialisasikan LBD untuk Pengembangan UKM Lokal

Pertamina Hulu Rokan Sosialisasikan LBD untuk Pengembangan UKM Lokal
PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) gelar sosialisasi Local Business Development (LBD) secara virtual. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) gelar sosialisasi Local Business Development (LBD) secara virtual baru-baru ini menjelang alih kelola Blok Rokan dari Chevron kepada Pertamina pada 9 Agustus 2021 nanti.

Manajer Pengadaan PHR Rudi Imran mengatakan LBD merupakan suatu wadah untuk mengoptimalkan keterlibatan masyarakat lokal dalam kegiatan operasi PHR.

"Sehingga terjalin kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak," ujar Rudi pada acara yang dihadiri oleh 137 perusahaan lokal itu.

Dia memaparkan program Local Business Development, atau Pengembangan Usaha Lokal, diluncurkan pertama kali oleh Chevron Pacific Indonesia (CPI) pada 2001.

Program ini bertujuan untuk membina dan meningkatkan potensi bisnis koperasi/perusahaan kecil lokal melalui program kemitraan, membuka lapangan kerja dan akses bisnis, mengembangkan UKM lokal, serta mendukung program pemerintah dalam pembinaan usaha kecil menengah.

Menurutnya LBD PHR akan mengacu kepada program yang sudah berjalan, termasuk kepesertaan, kontrak dan pengelompokannya.

"PHR juga akan menggali beberapa peluang pengembangan yang dapat dilakukan untuk memastikan proses transisi berjalan lancar,” kata Rudi.

Selain itu, Rudi juga menjelaskan proses tender yang dilaksanakan pada 2021.

Manajer Pengadaan PHR Rudi Imran LBD menilai merupakan suatu wadah untuk mengoptimalkan keterlibatan masyarakat lokal dalam kegiatan operasi PHR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News