Pertamina Kendalikan Blok ONWJ

Pertamina Kendalikan Blok ONWJ
Pertamina Kendalikan Blok ONWJ
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengakuisisi 100 persen saham Inpex Jawa Limited (IJL) yang memiliki 7,25 persen saham blok ONWJ (Offshore North West Jawa). Dengan begitu, Pertamina menjadi pemilik mayoritas blok migas yang membentang dari Kepulauan Seribu hingga Indramayu itu.

"Akuisisi ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk menambah produksi dan potensi cadangan minyak dan gas. Langkah ini juga untuk mendukung pencapaian target produksi 1 juta BOEPD (Barrel Oil Equivalent per Day) pada 2015," ujar Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, Kamis (30/9).

Penantangnya akuisisi itu sendiri dilakukan di Tokyo, Jepang, 30 September 2010, melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Sebelumnya, anak perusahaan Pertamina itu telah melakukan penandatanganan Share Purchase Agreement dengan Inpex pada 7 September 2010 di Jakarta. "Inpex juga memiliki 100 persen saham di Inpex Sumatera Ltd yang memegang 13,06 persen Participating Interest di blok Offshore South East Sumatera (OSES)," terangnya.

IJL sebelumnya dimiliki oleh tiga perusahaan asal Jepang, yakni Inpex Corporation sebesar 83,5 persen, Shoseki Overseas Oil Development Co Ltd sebesar 12,5 persen, dan JX Nippon Oil & Gas Exploration Corporation sebesar 4 persen."Melalui akuisisi itu, Pertamina akan semakin siap untuk menjadi operator di blok-blok offshore lainnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri," tuturnya.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengakuisisi 100 persen saham Inpex Jawa Limited (IJL) yang memiliki 7,25 persen saham blok ONWJ (Offshore North

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News