Pertamina Konversi 400 SPBU Jabodetabek

Dari Mayoritas Premium Menjadi Pertamax

Pertamina Konversi 400 SPBU Jabodetabek
Pertamina Konversi 400 SPBU Jabodetabek
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengaku siap melaksanakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 1 Januari 2011 nanti. Pasalnya, sejumlah SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) di wilayah Jabodetabek telah mengganti dispenser Premium menjadi Pertamax.

"Untuk kota-kota besar di region III yaitu wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang , dan Bekasi) sudah siap untuk pelaksanaan per 1 Januari 2011. Secara infrastruktur dari 600 SPBU di Jabodetabek sekitar 400 SPBU sekarang telah terkonversi untuk mendistribusikan BBM nonsubsidi," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Djaelani Sutomo saat dihubungi kemarin (12/12).

Pergantian dispenser Premium menjadi Pertamax itu tidak dilakukan seluruhnya karena masih ada kendaraan yang mendapat fasilitas subsidi dari pemerintah, yaitu sepeda motor dan angkutan umum. Dalam rangka itu, Pertamina telah melakukan pembicaraan dengan para pengusaha SPBU se-Jawa dan Bali. "Tapi untuk tahap pertama akan kita mulai di Jabodetabek," tegasnya.

Setelah Jabodetabek berhasil, pada tahap kedua, Pertamina menargetkan pembatasan BBM bersubsidi dilaksanakan di wilayah Jawa dan Bali. Itu diharapkan bisa dilaksanakan pada tahun depan juga. "Untuk tahapan berikutnya, kami menargetkan pada tahun 2012 di pulau Sumatera dan Kalimantan. Sementara Sulawesi kemungkinan baru 2013," kata dia.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengaku siap melaksanakan pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 1 Januari 2011 nanti. Pasalnya, sejumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News