Pertamina Launching Biopremium

Pertamina Launching Biopremium
Pertamina Launching Biopremium

jpnn.com - JAKARTA—Pertamina kian gencar mengembangkan penggunaan energi alternatif. Setelah sebelumnya meluncurkan biosolar dan biopertamax, kini Pertamina meluncurkan biopremium. Peluncuran bio premium dilakukan rabu, (20/8) di SPBU 31-12902 Jl Hr Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Vice President Komunikasi Pertamina, Wisnuntoro menegaskan, Biopremium adalah bahan bakar cair yang merupakan hasil blending antara 98 premium (produk kilang), dengan 2 persen ethanol. Produk biopremium yang diluncurkan pertamina Rabu kemarin, telah memenuhi standard mutu dari Dirjen Migas No.3674 K/24/DJM/2006.

Bioetanol, lanjut Wisnuntoro, digunakan untuk mesin bensin dengan sistem kerja pada motor pembakaran dalam jenis torak. Pembakaran terjadi dengan prinsip ''sparking ignition'', yaitu bahan terbakar setelah dinyalakan dengan busi.

''Bioetanol memiliki sejumlah keunggulan. Harga dipasaran sama dengan premium. Yakni Rp 600 perliter,'' tegas Wisnuntoro.

Keunggulan yang dimiliki biopremium, rinci Wisnu yakni; ramah lingkungan, emisi gas buang lebih baik, pembakaran lebih sempurna, tidak perlu modifikasi mesin, memperpanjang umur mesin, dan bersifat membersihkan ruang bakar.

Kandungan biotanol pada biopremium yang diluncurkan pertamina memang relatif masih kecil. Kedepan, kandungan biotanolnya ditarget mencapai 10 persen.(aji/jpnn)

 

 

JAKARTA—Pertamina kian gencar mengembangkan penggunaan energi alternatif. Setelah sebelumnya meluncurkan biosolar dan biopertamax, kini Pertamina


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News