Pertamina Miliki SDM Unggul, Akuisi Blok Migas Bukti Kemampuan Anak Bangsa

Pertamina Miliki SDM Unggul, Akuisi Blok Migas Bukti Kemampuan Anak Bangsa
Gedung Pertamina. Foto: Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat energi Hanifa Sutrisna menilai positif kinerja PT Pertamina. Termasuk sektor hulu, yang berhasil mengakuisi blok-blok migas potensial, baik di dalam maupun luar negeri.

Seperti pengambilalihan saham Shell di Blok Masela dan perpanjangan kontrak pengelolaan Blok Menzel Ledjmet Nord (MLN) Aljazair selama 35 tahun ke depan.

Menurut Hanifa, pengambilalihan tersebut membuktikan kemampuan anak bangsa. Tidak hanya Pertamina sebagai industri migas nasional, tetapi juga kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Ini bukti kemampuan anak bangsa, termasuk SDM Pertamina yang memang unggul di kawasan ASEAN,” ujar Hanifa.

Berbagai perusahaan migas di Asia Tenggara, jelas Hanifa, juga mengakui keandalan SDM Pertamina. Termasuk Petronas, Vietnam Oil, dan perusahaan migas Thailand.

Terkait pengambilalihan blok yang Masela dan MLN Aljazair ini, Hanifa berharap bisa menjadi oportunitas keikutsertaan Pertamina dalam pengelolaan blok tersebut.

Diharapkan, ke depan akan semakin memperkuat ketahanan energi nasional.

“Jadi, apa yang sudah dilakukan oleh Nicke sudah sangat luar biasa. Meski tentu saja harus terus ditingkatkan, agar bisa menuju ketahanan energi nasional,” kata dia.

Tidak hanya Pertamina sebagai industri migas nasional, tetapi juga kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News