Pertamina NRE dan Otorita IKN Bidik Pengembangan Solusi Berbasis Alam dan Ekosistem

Pertamina NRE dan Otorita IKN Bidik Pengembangan Solusi Berbasis Alam dan Ekosistem
Perjanjian studi bersama terkait solusi berbasis alam dan ekosistemyang dilakukan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputrio dan Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Asnawati Safitri dalam rangkaian acara COP 28 di Dubai pada Jumat (1/12). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, DUBAI - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meneken perjanjian studi bersama (joint study agreement/JSA) terkait solusi berbasis alam dan ekosistem (Nature and Ecosystem Based Solutions/NEBS) dalam rangkaian acara COP 28 di Dubai pada Jumat (1/12).

Penandatanganan dilakukan CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro dan Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Asnawati Safitri.

Kolaborasi ini akan mendukung pembangunan IKN yang berkonsep kota modern, hijau, dan berkelanjutan.

Bagi Pertamina NRE, kolaborasi ini selaras dengan semangatnya untuk mengawal transisi energi dan mendukung pencapaian target nationally determined contribution (NDC) Indonesia.

“Kolaborasi antara Pertamina NRE dan OIKN ini sangat positif, terutama terkait dampak yang akan dihasilkan terhadap iklim, masyarakat lokal, serta keanekaragaman hayati di IKN," ungkap Dannif.

Dannif yakin Pertamina NRE dengan kompetensi yang dimiliki dapat berperan strategis dan mendukung IKN menjadi kota modern dan hijau yang selaras dengan pembangunan berkelanjutan.

Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN Myrna Asnawati Safitri menyampaikan pihaknya menyambut hangat kolaborasi dengan Pertamina NRE dalam upaya penurunan emisi di sektor Forestry and Other Land Use (FOLU), terutama melalui Nusantara Forest Carbon Project untuk mewujudkan Nusantara sebagai Net Zero City.

"Konsep ini pada dasarnya mempertahankan hutan yang masih ada dan mereforestasi hutan yg sudah rusak yang lokasinya berada di wilayah IKN,” kata Myrna.

Pertamina NRE dan Otorita IKN meneken perjanjian studi bersama terkait solusi berbasis alam dan ekosistem

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News