Pertamina Siap Borong Semua Minyak Mentah Indonesia

Antisipasi Gejolak di Selat Hormuz

Pertamina Siap Borong Semua Minyak Mentah Indonesia
Pertamina Siap Borong Semua Minyak Mentah Indonesia
JAKARTA - Memanasnya geopolitik di Timur Tengah akibat ancaman Iran menutup Selat Hormuz, berpotensi mengancam pasokan minyak dunia. Pertamina pun mulai pasang kuda-kuda.

      

VP Komunikasi PT Pertamina Mochamad Harun mengatakan, untuk mengamankan kebutuhan minyak mentah dalam negeri, Pertamina siap memberikan penawaran terbaik bagi Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) agar bersedia menjual minyak mentah bagian mereka ke Pertamina. "Minyak itu akan diolah di kilang-kilang Pertamina," ujarnya, Minggu (22/1).

       

Menurut Harun, upaya Pertamina untuk membeli minyak mentah bagian KKKS telah mendapatkan dukungan penuh dari BPMIGAS, tetapi memang saat ini tidak ada regulasi yang mengatur hal ini dan masih diperlukan penyempurnaan regulasi agar KKKS mau menjual minyak mentah bagiannya untuk kilang dalam negeri.

"Minyak mentah produksi dalam negeri bagian pemerintah yang diolah Pertamina tersebut dibeli dengan harga Indonesian Crude Price yang nilainya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan harga pasar. Pertamina membayar minyak mentah bagian pemerintah sekitar Rp 600 miliar lebih tinggi dari harga pasar setiap tahunnya," terangnya.

JAKARTA - Memanasnya geopolitik di Timur Tengah akibat ancaman Iran menutup Selat Hormuz, berpotensi mengancam pasokan minyak dunia. Pertamina pun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News