Pertamina Siapkan Strategi Penyeimbang Ketahanan Iklim dengan Keamanan Energi

Pertamina Siapkan Strategi Penyeimbang Ketahanan Iklim dengan Keamanan Energi
Senior Vice President Research Technology and Innovation Pertamina Oki Muraza saat berbicara dalam diskusi di Paviliun Indonesia COP-27 di Sharm el-Sheikh, Mesir, Rabu (9/11). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, MESIR - PT Pertamina (Persero) menyiapkan strategi untuk menyeimbangkan antara ketahanan iklim dan keamanan energi.

Salah satu strategi tersebut, yaitu melalui pengembangan solusi berbasis alam (natural based solutions).

Hal itu disampaikan Senior Vice President Research Technology and Innovation Pertamina Oki Muraza dalam diskusi di Paviliun Indonesia COP-27 di Sharm el-Sheikh, Mesir, Rabu (9/11).

Oki menyampaikan Pertamina telah mendeklarasikan komitmen untuk mencapai nol emisi karbon (net zero emission) pada 2060.

Langkah tersebut sejalan dengan kebijakan pengurangan emisi yang diusung pemerintah.

Untuk mencapainya, Pertamina menjalankan dua strategi, yaitu dekarbonisasi dari usahanya saat ini dan membangun bisnis baru yang berprinsip hijau dan berkelanjutan.

Langkah yang dilakukan untuk dekarbonisasi melibatkan efisiensi energi, kegiatan migas tanpa gas suar bakar (zero flare), penangkapan karbon dan utilisasi.

"Langkah kedua termasuk meningkatkan listrik hijau di Indonesia, ekosistem EV dan solusi berbasis alam," jelas Oki Muraza.

Oki Muraza memaparkan strategi Pertamina untuk menyimbangkan antara ketahanan iklim dan keamanan energi dalam diskusi di Mesir, simak penjelasannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News