Pertamina SMEXPO Hadirkan Ribuan pada Gelaran GBBI Kalimantan Timur

Pertamina SMEXPO Hadirkan Ribuan pada Gelaran GBBI Kalimantan Timur
Pertamina SMEXPO 2021 menghadirkan produk-produk unggulan dari 220 UMKM Indonesia yang menjadi mitra binaan. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina SMEXPO 2021 menghadirkan produk-produk unggulan dari 220 UMKM Indonesia yang menjadi mitra binaan.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) Kalimantan Timur dan Pertamina SMEXPO 2021 resmi diluncurkan di Samarinda, Kalimantan pada (12/10). Peresmian GBBI Kalimantan Timur dilakukan Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut Binsar menyatakan UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia, harus terus didorong untuk maju dan masuk ke ekosistem digital.

“UMKM ini menyangkut jutaan lapangan kerja. Ini ada 60 juta orang yang bekerja dalam UMKM, dan saya berharap itu semua kita dorong,” ujar Menko Luhut.

Menko Luhut menyebut sejak diluncurkan GBBI oleh Presiden Joko Widodo pada tahun lalu, jumlah UMKM yang masuk ke ekosistem digital lebih dari delapan juta, bahkan saat ini hampir 16 juta UMKM.

“Artinya dalam waktu 1 tahun 4 bulan jumlahnya naik 400 persen, dan saya berharap nanti kita bisa mencapai target kita di 2024 di 30 juta,” imbuh Luhut.

Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi mengatakan GBBI Kalimantan Timur dan Pertamina SMEXPO 2021, merupakan hasil kolaborasi yang sangat baik antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi selaku brand ambassador dan Pertamina selaku top brand.

Selain itu gelaran ini didukung penuh oleh Kemenko Maritim dan Investasi, Pemprov Kalimantan Timur, dan Bank Indonesia.

Pertamina SMEXPO 2021 menghadirkan produk-produk unggulan dari 220 UMKM Indonesia yang menjadi mitra binaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News