Pertamina Tanam Ribuan Mangrove

Pertamina Tanam Ribuan Mangrove
Pertamina Tanam Ribuan Mangrove

TIGA tahun kedepan Kampung Muara Ujung, Desa Muara, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten dipercaya menjadi kawasan ekowisata yang bersandar pada pelestarian kawasan lindung mangrove.

Kendati pada 2002 silam abrasi melanda 197,3 hektar pesisir pantai kawasan lindung mangrove di wilayah tersebut. Kuliner khas masyarakat berupa Bandeng Muara dipastikan menjadi satu ekowisata yang mampu menyedot wisatawan.

Berupaya kembalikan fungsi ekologis serta meningkatkan peran ekonomis kawasan lindung di pesisir pantai, PT. Pertamina (Persero) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) merehabilitasi kawasan lindung mangrove di lokasi tersebut.

Bersama masyarakat desa yang notabene bermata pencaharian nelayan darat, Pertamina sejak 2012 silam sedikitnya berhasil menanam 175 ribu bibit mangrove jenis baku dan api-api. Jumlah itu mengembalikan 109,9 hektar kawasan lindung mangrove yang hilang karena kurang pedulinya masyarakat terhadap bahaya abrasi dan sapuan ombak.

Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni, Pertamina berkesempatan melihat kembali hasil budi daya masyarakat Desa Muara dalam menyemai, menanam, dan memelihara tanaman mangrove.

Selain bertujuan mengembalikan kesimbangan eksosistem pantai yang terkena abrasi air laut sejak 2002, program ini juga bagian pengoptimalan fungsi membangun kawasan ekowisata yang bersandar pada pelestarian hutan.

"Misi Jangka panjang kami, kedepannya masyarakat dapat menikmati kawasan wisata ekologis yang nyaman yang diperlengkapi sarana pendukung yang layak, seperti dock, cottage, tracking mangrove, menara pandang, dan sebagainya," terang Binu Bowo Ispramito, Pjs CSR Manager PT. Pertamina, Rabu (4/6).

Dengan demikian, terang dia, masyarakat sekitar dapat menikmati manfaat ekonomis yang besar. Secara fungsi sosial ekonomi, terjaganya hutan mangrove berfungsi sebagai habitat satwa ikan, udang dan kepiting. "Adapun perbaikan ekosistem air ini berpotensi mendatangkan nilai ekonomis bagi masyarakat," ujarnya.

TIGA tahun kedepan Kampung Muara Ujung, Desa Muara, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten dipercaya menjadi kawasan ekowisata yang bersandar pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News