Pertamina Tetap Optimis Naikkan Produk

Pertamina Tetap Optimis Naikkan Produk
Pertamina Tetap Optimis Naikkan Produk
JAKARTA – Di tengah pesimisme lifting minyak nasional pada 2010, Pertamina optimistis produksinya bisa naik terus.  Sampai saat ini produksi minyak perseroan mencapai 178 ribu barel  per hari (bph). Produksi tersebut berasal dari Pertamina EP sebesar  128 ribu bph dan Pertamina Hulu Energi (PHE) sebesar 50 ribu bhp.

“Produksi kami terus meningkat. Yang menurun itu dari   contractor production sharing (KPS),” ujar Dirut Pertamina Karen Agustiawan dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Jakarta.

Di hadapan Komisi VI DPR,  Karen menegaskan, dalam soal  penurunan produksi minyak 2010, posisi Pertamina itu bukanlah sebagai regulator. ”Jadi kalau tadi ada pertanyaan kenapa lifting menurun. Kenapa  produksi 965 ribu bph dan kenapa tidak satu juta bph. Itu semenjak UU Migas No 22 Tahun 2001, kami ini bukan regulator, tetapi  sama saja dengan  Exxon Mobil,  Conoco dan Chevron,” ujar dia.

Pertamina memang selalu optimistis dalam mencapai target produksi. Pada 2009, ketika hampir seluruh    KPS produksinya turun, Pertamina justru meningkat. Produksi minyak Pertamina 2009 sebesar  171,9 ribu bph atau mengalami kenaikan 14 persen bila dibanding 2008 sebesar 150,2 ribu barel. Peningkatan  produksi 2009 dipicu oleh pertumbuhan di PT  Pertamina  EP  di Sukowati, Tambun , Limau  dan Poleng. Selain itu juga dari Pertamina Hulu Energi, Cepu, dan akuisisi. Dengan posisi produksi 178 bph pada kuartal pertama 2010,  produksi minyak Pertamina naik secara signifikan.

JAKARTA – Di tengah pesimisme lifting minyak nasional pada 2010, Pertamina optimistis produksinya bisa naik terus.  Sampai saat ini produksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News