Pertamina UMK Academy 2023, Bantu Pengusaha UMKM ke Pasar Dunia

Pertamina UMK Academy 2023, Bantu Pengusaha UMKM ke Pasar Dunia
Pelaku usaha UMKM (Ilustrasi). Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Amelia Agustina, pemilik Indang Apang Gallery, di Jalan Tjilik Riwut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah terpilih menjadi peserta UMK Academy 2023 yang diinisiasi Pertamina.

Sebagai peserta UMK Academy, dia mendapat pelatihan akselerasi bisnis intensif dan pendampingan usaha selama lima bulan ke depan.

“Sebagai pengusaha yang tidak memiliki pengalaman melakukan kolaborasi dengan pihak lain, pembekalan ini sangat membantu saya memahami berbagai konsep dasar yang sangat diperlukan oleh setiap pelaku usaha,” ungkap Amelia.

UMK Academy telah membuka jendela ke pasar dunia. Terlebih sebagai BUMN, Pertamina telah memiliki pengalaman yang panjang mengantarkan pelaku UMK menuju pasar global.   

“Sesi pembekalan Pertamina sangat membantu dalam menentukan bagaimana cara memilih mitra kerja dan menentukan sistem kerja sama dengan mitra usaha,” imbuhnya.

Amelia merintis usaha penjualan produk anyaman rotan berupa tas ransel, tas pinggang, tas kerja, topi, dompet, name tag, sepatu, sendal, gantungan kunci, tikar dan lain-lain. Produknya dijual dengan kisaran harga mulai Rp30.000 hingga Rp1.000.000.

Adapun untuk bahan bakunya bekerja sama dengan para pengrajin di wilayah Kalimantan Tengah di antaranya Mandomai, Barito, Kaladan, Palangka Raya dan Pulang Pisau.

VP Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan UMK Academy dirancang untuk mencetak UMK 'naik kelas' yang mampu meningkatkan produktivitas.

Sebagai BUMN, Pertamina telah memiliki pengalaman yang panjang mengantarkan pelaku UMK menuju pasar global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News