JPNN.com

Pertarungan Ketat Pileg DPR-RI Dapil IX Jawa Timur

Minggu, 14 April 2019 – 22:24 WIB Pertarungan Ketat Pileg DPR-RI Dapil IX Jawa Timur - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pesta demokrasi sudah mendekati detik-detik akhir. Daerah pemilihan (Dapil) IX Jawa Timur (Tuban, Bojonegoro) menjadi salah satu daerah dengan dinamika politik yang cukup dinamis.

Pertarungan tidak hanya melibatkan petahana, tetapi juga pendatang baru yang sebenarnya sudah memiliki reputasi mumpuni. Untuk itu memotret detik-detik akhir menjelang pencoblosan, Lembaga In-Depth Riset yang berbasis di Jakarta melakukan survey elektabilitas untuk memprediksi siapa yang bakal melenggang ke senayan sebagai wakil rakyat.

Ini merupakan survei yang kedua dilakukan oleh In-Depth Riset. Survei pertama pada periode Februari lalu. Survei dilakukan melalui wawancara tatapmuka (face-to-face interview) terhadap 800 responden terpilih (420 responden di Bojonegoro dan 380 responden di Tuban).

 

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disebut paling mendominasi di Jawa Timur. Temuan periode April 2019 ini tidak berbeda jauh dengan temuan Februari 2019 lalu, di mana suara

PKB diprediksi akan mendapatkan suara tertinggi, jauh meninggalkan partai-partai lain.

“Suara Partai Kebangkitan Bangsa di Dapil IX Jawa Timur diprediksi mencapai 29,9%," ujar Sirkis Nugroho selaku direktur In-Depth Riset.

Kemudian diperingkat kedua adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan perolehan suara 17,1% ( selisih 12,8% dengan PKB).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...