Pertemuan IPU di Nusa Dua Pakai Sistem Bubble, Bali Dapat Apa?

Pertemuan IPU di Nusa Dua Pakai Sistem Bubble, Bali Dapat Apa?
Anggota DPR RI Fadli Zon bicara soal pertemuan IPU di Bali. Ilustrasi Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kawasan Nusa Dua di Bali akan menjadi lokasi penyelenggaraan 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings pada 20-24 Maret 2022.

Namun, forum internasional yang akan dihadiri anggota parlemen dari ratusan negara itu bakal digelar dengan menerapkan sistem gelembung atau ‘bubble’ guna mencegah penularan Covid-19.

Menurut Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, penerapan sistem bubble dalam penyelenggaraan 144th IPU Assembly merupakan permintaan Satgas Covid-19.

“Di Indonesia, lokasi paling cocok untuk forum internasional yang melibatkan banyak orang dan mensyaratkan sistem bubble, ya, di Nusa Dua,” ujar Fadli dalam sosialisasi persiapan penyelenggaraan 144th IPU, di Jakarta pada Rabu (19/1).

Sebenarnya, wakil ketua DPR periode 2014-2019 itu mengharapkan pelaksanaan 144th IPU tidak menerapkan sistem bubble. Sebab, para delegasi yang hadir akan terkurung di kawasan Nusa Dua saja.

Fadli pun mencontohkan pelaksanaan forum serupa di Madrid, Spanyol pada November 2021 yang tidak menerapkan sistem gelembung.

Kemudian, acara-acara Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga tidak menerapkan sistem itu.

“Kemarin pertemuan COP-26 (Konferensi Perubahan Iklim ke-26 PBB, red) di Glasgow juga tidak menerapkan sistem bubble,” ucapnya.

Kawasan Nusa Dua di Bali akan menjadi tuan rumah144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings pada 20-24 Maret 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News