Pertemuan Kedua EDM CSWG G20, KLHK Bahas Adaptasi Iklim Hingga Emisi GRK

Pertemuan Kedua EDM CSWG G20, KLHK Bahas Adaptasi Iklim Hingga Emisi GRK
Konferensi pers hasil pertemuan kedua G20 EDM-CSWG di Jakarta.Foto: Wenti Ayu/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali membahas isu penting dipertemuan kedua Environment Deputies Meeting and Climate Sustainability Working Group (EDM-CSWG) negara-negara anggota G20.

Adapun pembahasan itu merupakan aksi adaptasi perubahan iklim hingga pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Laksmi Dhenwanthi mengatakan ada tiga hal yang dibahas mengenai pengendalian iklim secara berkelanjutan.

"Pertama, bagaimana peran co-benefit antara aksi mitigasi dan aksi adaptasi untuk bisa menyiapkan suatu kondisi atau komunitas yang punya ketahanan iklim," ujar Laksmi dalam konferensi pers hasil pertemuan kedua G20 EDM-CSWG di Jakarta, Selasa (21/6).

Kemudian, isu kedua di bidang pengendalian iklim secara berkelanjutan juga dibahas pada hari terakhir, yakni bagaimana memperkuat aksi dan kerja sama kemitraan khusus untuk inisiatif pengelolaan laut yang berkelanjutan.

Isu ketiga, bagaimana mendorong dan mempercepat implementasi dari nationally determined contribution (NDC) dengan pendekatan atau transisi yang berkelanjutan menuju kondisi yang lebih rendah karbon dan berketahanan iklim.

Lebih lanjut, dalam dokumen NDC atau komitmen setiap negara pihak terhadap persetujuan Paris, Indonesia menargetkan pengurangan emisi GRK sebesar 29 persen secara mandiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada 2030. (mcr28/jpnn)

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali membahas isu penting dipertemuan kedua EDM-CSWG negara-negara anggota G20


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Wenti Ayu Apsari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News