Pertumbuhan Ekonomi Dongkrak Populasi Dunia

Pertumbuhan Ekonomi Dongkrak Populasi Dunia
Pertumbuhan Ekonomi Dongkrak Populasi Dunia
JAKARTA — Perekonomian dunia saat ini sedang mengalami siklus tertinggi pertumbuhan (super cycle), dinilai telah mendongkrak angka urbanisasi dan populasi dunia. Chief Economist and Group Head of Global Research, Dr. Gerard Lyons mengngkapkan hal itu ketika memaparkan kajian Standart Chartered di Jakarta, Selasa (16/11).

"Terutama pada pasar-pasar di negara-negara berkembang, sektor industrialisasi akan berkembang pesat, termasuk urbanisasi. Masyarakat kelas menengah juga akan meningkat. Jumlah populasi yang hidup di kota-kota besar akan naik menjadi lima milyar di tahun 2030, naik pesat dari jumlah hari ini sebanyak 3,4 milyar,’’ ungkap Gerard.

Asia, kata Gerard, akan menjadi kawasan dengan pertumbuhan ekonomi paling tertinggi secara global. Kondisi ini diprediksi akan terus bertahan minimal hingga 20 tahun mendatang. Dikatakannya, output global yang telah diatur secara konservatif telah tumbuh dua kali lipat secara riil. Bahkan nilai peningkatan terakhir tercatat lebih dari 50 persen.

"Taraf hidup, yang diukur dengan pendapatan per kapita riil, akan meningkat sembilan kali lipat di Cina dan India antara tahun 2000 dan 2030. Peningkatan penghasilan pribadi akan mendorong milyaran orang masuk ke dalam kelas menengah dan meningkatnya konsumsi akan memacu pertumbuhan ekonomi domestik," kata Gerard.

JAKARTA — Perekonomian dunia saat ini sedang mengalami siklus tertinggi pertumbuhan (super cycle), dinilai telah mendongkrak angka urbanisasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News