Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Indonesia Diperkirakan Lebih Baik

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Indonesia Diperkirakan Lebih Baik
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup menggembirakan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan akan lebih tinggi pada kuartal II 2024. Stabilitas politik paska-Pemilu 2024 jadi salah satu penentu.

“Kuartal II kita lebih optimis karena dua faktor yaitu belanja APBN khususnya TKD mulai berjalan, stabilitas politik dengan hasil Pemilu memberikan kepastian keberlanjutan pemerintahan ke depan. Sehingga kepercayaan investor dan market harus terus dijaga,” kata anggota Komisi XI DPR Kamrussamad.

Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, perekonomian Indonesia pada kuartal I 2024 tumbuh 5,11% secara year on year (YoY).

Pertumbuhan ekonomi ini meningkat dari kuartal IV 2023 yang hanya 5,04%.

Jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I di tahun-tahun sebelumnya, pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2024 merupakan tertinggi sejak tahun 2015. Sebelumnya di Q1-2014 sempat tumbuh 5,12%.

Kamrussamad menyebut pertumbuhan ekonomi kuartal I 2024 merupakan keberhasilan koordinasi pemerintah bidang ekonomi dalam mengorkestrasi bauran kebijakan fiskal, moneter, makroprodential sehingga bisa mengerakkam sektor ril.

“Pemerintah sudah berhasil menyelamatkan ekonomi Indonesia dari krisis akibat Covid-19. Pekerjaan rumah berikutnya pertumbuhan ekonomi harus lebih berkualitas dengan menciptakan lapangan kerja dan mengurangi angka pengangguran serta kemiskinan,” ujar Kamrussamad. (flo/jpnn)

Badan Pusat Statistik mencatat, perekonomian Indonesia pada kuartal I 2024 tumbuh 5,11 persen secara year on year


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News