Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman Meleset dari Target

Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman Meleset dari Target
Ilustrasi industri makanan. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) merevisi target pertumbuhan industri berbasis konsumsi tersebut dari delapan persen menjadi persen persen pada tahun ini.

Pasalnya, pertumbuhan industri makanan dan minuman di tanah air pada tahun ini meleset dari yang diharapkan.

Ketua GAPMMI Adhi S. Lukman menyatakan, penurunan target pertumbuhan tersebut disebabkan konsumsi mamin pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini tidak setinggi yang diharapkan.

”Biasanya, dua minggu sebelum puasa, pasar sudah ramai. Tetapi, tahun ini pada awal bulan Juni pun, pasar belum bergairah, baru ramai pada pertengahan Juni,” paparnya kemarin (13/8).

Dia menyatakan, indikasi perlambatan mamin juga terlihat lewat realisasi pertumbuhan pada kuartal kedua tahun ini.

”Pada tahun ini, kuartal kedua hanya tumbuh sebesar 7,15 persen. Padahal, pada kuartal kedua tahun lalu bisa tumbuh sebesar sembilan persen. Jadi, ada perlambatan sekitar dua persen,” urai Adhi.

Hal itu dipengaruhi daya beli masyarakat yang melemah, terutama kalangan menengah ke bawah.

Kalangan menengah ke atas lebih memilih untuk menunda pembelian lantaran masih takut dengan kondisi politik maupun agresivitas pemerintah di sektor pajak.

Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI) merevisi target pertumbuhan industri berbasis konsumsi tersebut dari delapan persen menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News