Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Tercepat Ke-9 di Dunia

Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Tercepat Ke-9 di Dunia
Arief Yahya. Foto: Kemenpar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan beberapa capaian sektor pariwisata Indonesia yang tumbuh pesat dalam empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menurut Arief, catatan World Travel & Tourism Council (WTTC) menunjukkan pariwisata Indonesia menjadi yang kesembilan tercepat di dunia pertumbuhannya.

Kemudian menjadi nomor tiga di Asia dan nomor satu di kawasan Asia Tenggara. Termasuk dalam penerimaan devisa, sektor pariwisata yang terus meningkat sejak 2015.

Selain itu, perusahaan media di Inggris, The Telegraph, kata Arief, juga mencatat Indonesia sebagai salah satu dari 20 negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat.

"Bahkan, mereka menilai pertumbuhan pariwisata Indonesia empat kali lebih tinggi dibanding pertumbuhan regional dan global. Data memang membuktikan klaim tersebut," ujar Arief di Jakarta, Selasa (23/10).

Lebih lanjut Arief mengatakan, pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68 persen, sedangkan industri plesiran itu di kawasan ASEAN hanya tumbuh 7 persen dan di dunia hanya 6 persen.

Indeks daya saing pariwisata Indonesia menurut World Economy Forum (WEF) juga menunjukkan perkembangan menggembirakan. Peringkat Indonesia naik delapan poin dari peringkat 50 di 2015, ke peringkat 42 di 2017.

Masih kata Arief, pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia pada 2017 berada di posisi kedua dengan tingkat pertumbuhan 22 persen. Urutan pertama ditempati Vietnam (29 persen).

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan beberapa capaian sektor pariwisata Indonesia yang tumbuh pesat dalam empat tahun pemerintahan Jokowi-JK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News