Perusahaan Perkebunan di Banyuwangi Ikut Mengentas Kemiskinan

Perusahaan Perkebunan di Banyuwangi Ikut Mengentas Kemiskinan
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat bertatap muka dengan warganya. FOTO: Ist

jpnn.com - BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus membuat terobosan untuk mmbangun wilayahnya. Yang terbaru, kabupaten yang dipimpin Abdullah Azwar Anas itu menyinergikan program pembangunan dengan perusahaan perkebunan yang ada di sana. Salah satu programnya adalah pemberdayaan masyarakat untuk pengentasan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, Banyuwangi adalah kabupaten yang memiliki perkebunan sangat luas. Menurutnya, perkebunan di sana dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. 

"Kami menyinergikan program dari Pemkab dengan perusahaan perkebunan, biar jalannya selaras. Kami sudah bertemu dengan para perwakilan perusahaan perkebunan" ujar Anas.

Dia lantas mencontohkan program tersebut. Yaitu peningkatan kapasitas masyarakat melalui pembelajaran keterampilan. "Perusahaan perkebunan kami minta mendukung program tersebut. Misalnya memanfaatkan ruang pertemuan mereka untuk mengajar masyarakat dan anak-anak di sana," ujar Anas.

Contoh lainnya, kata Anas, menyinergikan program bedah rumah dengan perusahaan perkebunan antara lain dengan pemanfaatan dana corporate social responsibilty (CSR) perusahaan. 

“Karena itulah kami mendorong pengentasan kemiskinan melalui private partnership untuk memperluas jangkauan penurunan angka kemiskinan yang ada di masyarakat. Ini adalah cara-cara baru agar penyaluran CSR lebih terukur,” kata Bupati Anas.

“Kami akan berikan data penduduknya sesuai dengan data penduduk miskin dari Badan Pusat Statistik. Nanti akhir tahun akan kita lihat berapa banyak rumah tidak layak huni yang menjadi lebih baik,” imbuh Anas.

Adapun terkait pembangunan infrastruktur, Anas juga mengajak pemangku perkebunan dan kehutanan bersinergi untuk membenahi infrastruktur secara bertahap. Salah satunya, Anas meminta jalan akses menuju area perkebunan bisa dibangun dengan bersama-sama. 

BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi terus membuat terobosan untuk mmbangun wilayahnya. Yang terbaru, kabupaten yang dipimpin Abdullah Azwar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News