Pesan Irjen Iqbal kepada Mahasiswa: Jaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Keberagaman

Pesan Irjen Iqbal kepada Mahasiswa: Jaga Persatuan dan Kesatuan di Tengah Keberagaman
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal bersama mahasiswa seusai menjadi pembicara kunci seminar 'Membumikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menangkal Politik Identitas dan Penyebaran Hoaks'. Foto: Dokumentasi Bidhumas Polda Riau.

jpnn.com, PEKANBARU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan bahwa menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman merupakan kunci untuk tetap mempertahankan keutuhan bangsa dan negara. 

Menurutnya, perbedaan baik itu suku, agama, warna kulit, ras, dan lain-lain, tidak menjadi halangan bagi bangsa Indonesia untuk bersatu. 

Dia menyatakan dahulu dengan kekuatan kolaborasi dan sinergi, bangsa Indonesia bisa bersatu melawan penjajah hingga berhasil merebut kemerdekaan. 

“Jadi, semboyan Bhineka Tunggal Ika itu adalah sesuatu yang sangat luar biasa sekali. Negeri kita ini sangat kaya alamnya, jumlah penduduknya, juga wilayahnya," kata Irjen Iqbal.

Dia menyampaikan saat menjadi pembicara kunci seminar “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Menangkal Politik Identitas dan Penyebaran Hoaks’. 

Kegiatan itu diselenggarakan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah XIII (Sumbar, Riau dan Kepri), di aula Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pekanbaru, Jumat (12/8).

Irjen Iqbal mengatakan bahwa keberagaman yang tidak didapati oleh semua negara di belahan dunia, dimiliki Indonesia. “Ini anugerah yang besar tetapi sekaligus tantangan apabila kita tidak dapat mengelolanya,” ungkapnya.

Dia mengatakan ada negara di belahan dunia lain yang hanya memiliki unsur perbedaan dan keberagaan yang sedikit, namun tak mampu mengelolanya hingga memicu perang antarsaudara.

Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal berpesan kepada para mahasiswa untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News