Pesan Menteri Siti di Perayaan Negara Nordik

Pesan Menteri Siti di Perayaan Negara Nordik
Menteri LHK Siti Nurbaya saat menghadiri perayaan Hari Nasional Negara Nordik. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, menghadiri perayaan hari Nasional Negara Nordik di Jakarta, Rabu (20/09). Pada kesempatan ini, Menteri Siti memberikan sambutan, sekaligus pidato kenegaraan terkait kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Nordik.

Menteri Siti mengatakan, kerja sama yang telah terjalin selama 6 (enam) tahun antara Indonesia dan negara-negara Nordik, akan terus direncanakan berkelanjutan, dalam bidang lingkungan, pendidikan, hak asasi manusia, teknologi, perikanan, dan berbagai sektor lainnya.

"Tidak hanya kerja sama bilateral saja yang dibangun, namun baik Indonesia dan negara Nordik juga memiliki visi, misi, dan pemahaman yang sama tentang isu politik, demokrasi, dan hak asasi manusia di dunia", tutur Menteri Siti dalam pidatonya.

Turut hadir dalam perayaan, para duta besar negara-negara Nordik, yaitu Denmark, Swedia, Norwegia, dan Finlandia.

Melalui acara yang bertema "Nordic Way" ini, duta besar dari masing-masing negara menyampaikan aspirasinya, tentang kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Duta besar Norwegia, Vegard Kalee menagtakan, pertumbuhan ekonomi yang pesat membuat negara-negara Nordik memiliki cara tersendiri untuk bersaing. Caranya adalah dengan mengkombinasikan perkembangan ekonomi itu sendiri secara berkelanjutan, dan terus peka terhadap kemajuan teknologi.

Selain itu, negara-negara Nordik juga menganut sistem ekonomi terbuka bagi bakat-bakat internasional, termasuk Indonesia, untuk dapat bekerja di negaranya. Para duta besar juga berharap, Negara Indonesia dapat memperoleh manfaat ekonomi dari kontribusi negara-negara Nordik, melalui perusahaan-perusahaannya yang ada di Indonesia. (jpnn/klh)


Menteri Siti mengatakan, kerja sama yang telah terjalin selama 6 (enam) tahun antara Indonesia dan negara-negara Nordik, akan terus direncanakan berkelanjutan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News