Pesan Pak Tito Jelang Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan

Pesan Pak Tito Jelang Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan agar bus sekolah siswa harus bisa menyesuaikan protokol kesehatan apabila belajar tatap muka kembali dilaksanakan.

"Nanti akan ada lonjakan dari penumpang anak-anak sekolah," kata Pak Tito saat diskusi daring terkait Pengumuman Keputusan Bersama panduan penyelenggaraan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi COVID-19 yang dipantau di Jakarta, Jumat (20/11).

Selain itu, mantan Kapolri tersebut juga mengatakan peran dinas komunikasi dan informatika serta tenaga humas tiap-tiap kabupaten dan kota harus lebih gencar lagi dalam menyosialisasikan penerapan 3M kepada masyarakat terutama anak didik.

"Ingatkan orang tua anak didik agar anaknya menggunakan masker dan mengantongi hand sanitizer saat ke sekolah," ujar dia.

Setelah tiba di sekolah, kepala sekolah, guru dan penyelenggara pendidikan lainnya juga harus mengantisipasi kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan misalnya ekstrakurikuler, olahraga, upacara bendera dan sebagainya.

Sebab, jangan sampai setelah sekian bulan tidak belajar tatap muka antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru terjadi euforia sehingga lepas kontrol dan dapat menimbulkan kluster penyebaran baru.

Dia mengatakan berdasarkan laporan di Jerman tepatnya di Kota Hamburg bahwa dari 472 sekolah yang kembali dibuka sebanyak 171 sekolah terinfeksi COVID-19.

"78 persen anak-anak yang terinfeksi itu tertulari saat berada di luar sekolah," katanya.

Mendagri juga mengingatkan agar bus sekolah siswa harus menyesuaikan protokol kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News