Pesan Penting Mendagri Untuk Satpol PP

Pesan Penting Mendagri Untuk Satpol PP
Tjahjo Kumolo. Foto: JPNN

jpnn.com - SERANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memimpin langsung apel siaga Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) dan Badan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Indonesia di Alun-Alun Kota Serang, Banten, Senin (15/2).

Langkah ini dilakukan dalam upaya mendukung gerakan deradikalisasi dan meminimalisir aksi-aksi terorisme yang mengemuka di sejumlah daerah dalam beberapa waktu terakhir.

Di hadapan ratusan Satpol PP dan Linmas, Tjahjo mengatakan, kondisi sosial politik saat ini dihadapkan pada meningkatnya eskalasi konflik. Hal itu ditandai dengan terjadinya benturan dari berbagai kepentingan yang dilakukan antar kelompok masyarakat.

”Terutama konflik-konflik yang bersumber dari pemikiran-pemikiran radikal sehingga menggerus rasa nasionalisme terhadap Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, sebagai pembina Satpol PP, Tjahjo memerintahkan Satpol PP dan Pemerintah Daerah segera melakukan upaya-upaya preemptif dan preventif, serta mengedepankan pendekatan-pendekatan sosio-kultural.

Langkah tersebut menurutnya, harus dilakukan secara terus menerus. Sehingga tetap terbangun kepercayaan publik kepada pemerintah (public trust).

Tjahjo juga meminta para kepala daerah mendorong jajaran di bawahnya agar proaktif memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, menciptakan situasi dan kondisi yang tenteram dan tertib serta melakukan koordinasi, pembinaan, evaluasi dan pengawasan.

"Salah satu tujuan dibentuknya Satpol PP untuk membantu kepala daerah dalam hal menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat. Karena itu Satpol PP harus terus menerus mewujudkan dan menjaga kondisi tertib dan tenteram serta memberikan perlindungan kepada masyarakat,” ujarnya.  (gir/jpnn)

SERANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memimpin langsung apel siaga Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) dan Badan Perlindungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News